Majalah Internet

Tampilan all new Honda Brio berubah total dari generasi sebelumnya. Fascia-nya kini mengandalkan muka Mobilio, sedangkan desain pada bagian buritan dan pintu bagasinya merupakan hasil riset dan pengembangan Honda Asia Pasific.
Nah untuk bagian pintu bagasinya ini sekarang sudah tidak lagi menggunakan kaca. Kini all new Honda Brio sudah lengkap dengan tailgate seperti mobil pada umumnya, dalam artian kombinasi kaca dan plat metal. 
 
Large Project Leader all new Honda Brio Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd Tsutomu Harano menjelaskan, perubahan pada sektor pintu bagasinya ini untuk meminimalisir dampak tumbukan dari belakang. Sebab pintu bagasi yang masih berupa panel kaca bisa meningkatan risiko cidera ketika sewaktu-waktu terjadi tabrakan. 
 
Hanya saja Harano memastikan kalau pintu bagasi Honda Brio generasi pertama tetap aman bagi penumpang belakang Brio. Ubahan yang ada ini menurutnya juga sebagai realisasi atas permintaan dan kebutuhan saat melakukan survei Brio baru di Indonesia.
 
"Memang untuk pintu panel kaca (pada Brio lama) sudah dites untuk batas yang aman. Tapi ada pendapat dari kami kalau takut jika ada tabrakan dari belakang bila pakai panel kaca seperti itu, tapi itu hanya pendapat kami saja dan belum terjadi," jelas Harano beberapa waktu di Bali. 
 
Dampak lain dari ubahan model pintu bagasinya yang baru adalah volume bagasinya yang lebih luas 84 liter, sehingga total ruang penyimpanan pada bagian belakangnya ini mencapai 258 liter. Bukaan pintu juga terasa lebih lebar sehingga memudahkan akses saat menyimpan barang di bagasi.
 
Pada pengetesan di Bali, berbagai macam tas bisa masuk dalam bagasinya termasuk koper berukuran bagasi pesawat dan baby stroller. "Ya bagasi juga menjadi lebih luas, tujuan kami agar Brio semakin disukai dan cocok dengan karakter orang Indonesia," tambah Harano.
 
Desain pintu bagasi meningkatkan aerodinamika
Apabila diperhatikan secara seksama, model lampu belakangnya lebih keluar dibanding bagian bawah pilar C-nya.
 
Harano menjelaskan kalau bagian buritan termasuk model lampu belakang all new Brio juga sengaja didesain untuk memaksimalkan aerodinamika, sehingga juga dapat mempertahankan efisiensi bahan bakar.
 
"Bagian belakang dan samping belakang itu sudah berubah lebih bisa melepaskan angin lebih lancar, sehingga aliran udara ke belakang tidak terjadi turbulensi," papar Harano.
 
"Lampu juga dimodifikasi supaya udara lebih bisa mengalir dari samping ke belakang, makanya ada lekukan pada bagian lampu dan pilarnya," tutup Harano.
 
Powered by Blogger.